Asuransi Kesehatan
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Diposting pada

Asuransi KesehatanBangpurba.com

Asuransi Kesehatan adalah Sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan kepada seseorang atau kelompok yang mengikuti sitem peraturan dalam mengikuti sebuah asuransi , Yang disalamnya mencakup Biaya pengobatan atau perawatan kesehatan bagi para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Asuransi Kesehatan

Sejarah Asuransi Kesehatan di Indonesia

Asuransi Kesehatan Diindonesia sendiri telah berdiri sejak tahun 1843 Namun saja hanya diperuntukkan orang-orang belanda, nama asuransi tersebut adalah..Bataviaasche Zee en Brand-Assurantie Maatschappij.

Kemudian pada tahun 1912 Indonesia mulai membentuk asuransi yang menyasar pasar orang indonesia,

RW Dwidjosewojo, seorang anggota Boedi Ooetomo cabang Yogyakarta, kemudian mempelajari NILLMIJ. Lalu Dwidjosewojo bersama M Karto Hadi Soebroto dan M Adimidjojo Asuransi ini bernama Onderlinge Levensverzekering Maatschappij PGHB (OL Mij PGHB) pada 12 Februari 1912.

pada Mei 2017 mencatat OL Mij PGHB ini kemudian beralih nama menjadi OL Mij Boemi Poetra (1912), dan sekarang dikenal dengan nama Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera.

Pasca Kemerdekaan 1945

Ada Beberapa perusahaan asuransi milik Belanda yang dinasionalisasikan, termasuk NV Assurantie Maatschappij de Nederlandern dan Bloom Vander EE menjadi PT Asuransi Bendasraya dan perusahaan asuransi De Nederlanden Van (1845) menjadi PT Asuransi Jiwasraya.

Sedangkan diera 1980-an

Di era ini, Telah hadir perusahaan-perusahaan asuransi modern di Indonesia, seperti Allianz dan perusahaan asuransi nasional maupun joint venture.

Manfaat Anda memilih Asuransi Kesehatan

Banyak orang yang belum faham dan juga belum mengerti manfaat besar dari asuransi Kesehatan tersebut, Kebanyakan orang ataupun oknum menganggap Asuransi kesehatan sama dengan tabungan, Sebenarnya Asuransi atau insurance merupakan produk keuangan yang menawarkan proteksi atau perlindungan Kesehatan kepada nasabah jika terjadi suatu dengan kesehatanya. Sehingga, orang yang membeli asuransi akan memperoleh manfaat berupa penggantian kerugian finansial atau kerugian finansial yang minimum jika menghadapi risiko seperti sakit, kecelakaan, rawat inap, Dan juga Rawat jalan.

Kunjungi situs kunci jawaban pertanyaan

Berikut Manfaat dari Asuransi Kesehatan.

Rawat Inap (In Patient)
Mengganti biaya pengobatan akibat musibah penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan Asuransi.

Rawat Jalan (Out Patient)
Mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di RS atau menginap namun hanya rawat jalan atau berobat jalan saja.

Melahirkan (Maternity)
Mengganti biaya persalinan atau melahirkan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis.

Kacamata (Glasses)
Mengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame dengan surat pengantar dari dokter mata.

Gigi (Dental)
Mengganti biaya pengobatan akibat perawatan dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi dan gigi palsu pada perawatan gigi.

General chek up
Mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis.

Bagi anda yang akan memilih perusahaan asuransi kami akan memberikan cara dan juga memilih asuransi Kesehatan yang tepat sesuai dengan pilihan anda dan juga keluarga.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Dengan Benar

Asuransi atau insurance merupakan produk keuangan yang menawarkan proteksi atau perlindungan ekonomis kepada nasabah jika terjadi suatu risiko. Sehingga, orang yang membeli asuransi akan memperoleh manfaat berupa penggantian kerugian finansial atau kerugian finansial yang minimum jika menghadapi risiko seperti Tahapan Mendaftar Asuransi.

Berikut Cara dan juga Tahapan Mendaftar Asuransi Kesehatan.

Beberapa tahapan mendaftar asuransi yang perlu dipahami dan dipersiapkan oleh calon nasabah. Oh, iya, tahapan di bawah ini juga bisa diaplikasikan oleh Anda yang sedang mendaftar asuransi kesehatan, lho!

Menghubungi Agen Asuransi
Jika anda ingin bergabung dengan perusahaan asuransi ada baiknya anda mencari tau tentang dan juga prosedur perusahaan tersebut. Setelah membandingkan berbagai perusahaan asuransi dan menemukan pilihan yang tepat, sebaiknya Anda segera menghubungi agen asuransi terkait. Anda bisa melakukannya secara online maupun offline.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam menentukan produk asuransi yang tepat. Pada tahapan ini, Anda juga bisa bertanya-tanya secara rinci terkait manfaat dan polis asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Jangan Terburu-buru dan Diskusikan
Dalam memilih Asuransi Kesehatan ada Baiknya anda tidak terlalu tergesa-gesa dalam mengambil tindakan untuk bergabung, Ada baiknya anda berkonsultasi kepada rekan yang telah bergabung ke perusahaan asuransi yang dia ikuti. Meskipun sudah mendapatkan gambaran yang jelas, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menyetujui. Anda bisa melakukan riset lagi lebih dalam dan mendiskusikannya dengan agen asuransi terkait proteksi yang ingin digunakan.

Memahami Ilustrasi Asuransi
Ilustrasi asuransi merupakan dokumen yang memberikan gambaran terkait manfaat asuransi yang diterima oleh pemegang polis. Selain itu, ilustrasi juga memberikan proyeksi mengenai besaran uang pertanggungan (UP) yang nantinya Anda terima.

Ilustrasi asuransi penting untuk dipahami dengan baik oleh calon nasabah untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari. Misal saja kita ambil contoh pada Uang Pertanggungan (UP).

Besaran uang pertanggungan (UP) yang diterima biasanya akan berbeda-beda bergantung pada risiko-risiko yang dihadapi dan juga profil calon nasabah. Semakin besar premi yang dipilih maka semakin besar pula manfaat yang akan diperoleh.

Nah, kesalahan yang sering dilakukan adalah, calon nasabah tidak membaca ilustrasi asuransi dan polis dengan lengkap, kemudian menganggap bahwa uang pertanggungan yang diterima nilainya besar.

Padahal uang pertanggungan yang diterima bisa berbeda-beda pada setiap nasabah, bergantung pada kondisi calon nasabah saat mengajukan klaim.

Mengisi SPAJ atau SPAK
Apabila sudah membaca ilustrasi asuransi dengan benar dan setuju dengan persyaratan yang diterima, maka Anda akan menerima SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) atau SPAK (Surat Permintaan Asuransi Kesehatan).

SPAJ dan SPAK ini berisi informasi penting dan rinci terkait data diri dari calon nasabah.

Pada tahapan ini, biasanya perusahaan asuransi juga akan meminta beberapa dokumen kesehatan tambahan seperti hasil medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan calon nasabah dan menentukan besaran manfaat pertanggungan yang akan diterima.

Pastikan jujur dalam pengisian SPAJ atau SPAK ini, ya! Agar manfaat asuransi yang diterima juga bisa maksimal. Selain itu, data yang ada pada SPAJ ini juga menentukan apakah pengajuan calon nasabah akan diterima atau ditolak oleh perusahaan asuransi.

Kesalahan yang sering dilakukan para pelaku atau calon pelaku asuransi adalah, calon nasabah tidak benar-benar jujur menginformasikan riwayat penyakit saat mengisi SPAJ atau SPAK. Sehingga, tak heran apabila perusahaan asuransi akan menolak klaim apabila ditemukan pre-existing condition.

Setelah SPAJ atau SPAK diisi, pihak asuransi yakni bagian Underwriting akan melakukan peninjauan terkait kondisi kesehatan Anda. Anda akan diminta menunggu dalam waktu yang sudah ditentukan, bisa mencapai 1-2 minggu.

Hasil Seleksi dari Underwriting
Setelah proses peninjauan dan seleksi dilakukan sesuai dengan SPAJ dan SPAK, pihak Underwriting akan memberikan keputusan. Ada tiga keputusan yang biasanya keluar, yakni:

  • Pengajuan asuransi disetujui
  • Perusahaan asuransi menyetujui dengan tambahan premi
  • Pengajuan asuransi ditolak

Seleksi Underwriting ini biasanya ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kesehatan dan usia calon nasabah. Semakin sehat nasabah, yakni tidak mengidap penyakit atau tidak ada risiko penyakit berbahaya dan usianya produktif, maka proteksi yang akan diterima pun makin maksimal.

Setelah semua tahapan dilalui, maka asuransi sudah aktif dan nasabah bisa mendapatkan proteksi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatannya.

Itu dia beberapa cara daftar asuransi jiwa dan kesehatan yang benar dan tahapannya. Memang cukup panjang, namun hal ini dilakukan agar calon nasabah paham manfaat apa saja yang akan didapatkan nanti, sehingga tidak merasa dirugikan.sakit, meninggal dunia, kecelakaan, cacat, kebakaran, kehilangan, dan kerugian lainnya.( Sumber frudential).

Hal-Hal yang pernting Untuk diperhatikan dalam memilih Asuransi Kesehatan

  • Surat penawaran dari perusahaan
  • Memastikan agen yang bersertifikat
  • SPPA
  • Memastikan data-data dalam SPPA telah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya
  • Membaca kontrak/polis secara seksama dan menanyakan ke agen/perusahaan jika terdapat keraguan atas kondisi polis.
  • Meminta perubahan (endorsement) jika terdapat kesalahan data dalam polis yang diberikan.
  • Metoda klaim yang ditawarkan seperti reimbursement, provider, managed care.


Apa yang harus dilakukan ketika tidak sesuai dengan apa yang diperjanjikan

  • Mengacu kepada kondisi polis yang telah disepakati dalam penyelesaian perselisihan, tindakan yang dapat dilakukan antara lain:
  • Meminta klarifikasi ke perusahaan baik melalui agen maupun langsung ke perusahaan untuk proses perdamaian atau musyawarah antara pihak-pihak.
    Mengadukan ke Badan Mediasi Asuransi Indonesia untuk nilai klaim yang bermasalah hingga Rp. 750.000.000,-
  • Jika masih belum menemukan titik temu dapat memilih penyelesaian sengketa melalui arbitrase atau penyelesaian sengketa melalui pengadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.