Indeks

Cara Trading Saham Untuk Pemula

  • Bagikan
Cara Trading Saham Untuk Pemula
Cara Trading Saham Untuk Pemula

Cara Trading Saham Untuk Pemula 2021- Bangpurba.com Zaman yang dibilang sudah semakin maju ini banyak sekali orang yang mencari uang melaui laptop dan juga handpone hanya dirumah saja. Contoh besarnya adalah Trading Saham apa sih sebenarnya Trading saham itu? dan bagaimana cara menjalankanya. karena saya juga masih belajar maka ada baiknya kita bahas Cara Trading Saham Untuk Pemula 2021

Pengertian Trading Saham

Trading saham adalah suatu kegiatan jual beli saham dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dari selisih harga beli awal dengan harga jual. Keuntungan dari trading saham ini di dunia pasar modal disebut capital gain.

Perbedaan Trading saham dan Investasi Saham

Trading saham berbeda dari investasi saham. Dalam investasi saham, seorang investor akan lebih memilih membeli saham dan menahannya untuk jangka waktu yang lama. Artinya, transaksi saham seorang investor tidak relatif singkat seperti seorang trader.

Kenapa investor lebih memilih hold sahamnya ketimbang jual cepat saat harga saham naik? Ini disebabkan tujuan dan harapan investor mendapat keuntungan dari pembagian dividen, yaitu keuntungan perusahaan atau emiten yang biasanya dibagikan per kuartal, per semester, atau per tahun.

Cara Trading Saham Untuk Pemula

Berikut Cara Trading Saham Untuk Pemula 2021

Bagi anda yang masih pemula kami memberikan cara dan juga tips belajar trading saham yang baik, ada beberapa langkah awal yang harus anda lakukan jika anda ingin belajar trading saham. berikut ulasanya.

  1. Membuka Rekening

Jika anda ingin memulai trading saham maka anda harus membuka rekening terlebih dahulu. Namun saja yang dimaksud rekening disini bukan rekening tabungan seperti biasanya, yang dimaksud adalah rekening Efek, cara pembuatanya anda harus mendatangi perusahaan sekuritas. anda harus mempersiapkan data diri untuk membuat rekening tersebut, antaranya adalah KTP,NPWP,Buku tabungan juga sediakan materai 6000 2 lembar.

2. Penyetoran dana

Setelah anda selesai membuka rekening efek, maka langkah selanjutnya adalah anda harus melakukan penyetoran dana. adapun dana yang harus anda setorkan berbeda beda tergantung dengan ketentuan perusahaan sekuritas. Dengan anda menyetor dana pada rekening efek maka anda sudah dapat melaukan trading saham untuk langkah selanjutnya.

3. Mulai Berinvestasi

Jika syarat semua sudah terpenuhi maka langkah berikutnya anda dapat melakukan transaksi saham. cara melakukan transaksi saham sangatlah mudah, Anda tidak perlu datang langsung ke tempat bursa efek indonesia. anda cukup melakukan nya dengan menggunakan internet yang dapat anda akses dari rumah melalui laptop dan smartphone anda.

Berikut ini beberapa perusahaan yang menyediakan layanan transaksi saham secara online

  • MOST Dari MANDIRI sekuritas
  • eSmart dari BNI sekuritas
  • Layanan BEST BCA sekuritas
  • POST dari PANIN sekuritas

Hal selanjutnya anda harus benar-benar faham tentang trading saham mengapa demikian hal ini sangat penting karena bermain ditrading saham banyak yang harus benar-benar anda pahami agar anda bisa mendapatkan profit, bukanya lost.

Berikut tips Cara Trading Saham Untuk Pemula

  • Mengenal pasar modal dan saham
  • Belajar analisis saham
  • Mulai dari modal kecil
  • Pelajari cara beli dan jual lewat aplikasi online trading
  • Mulai dengan beli dan jual saham likuid yang ada di LQ45
  • Beli saham: buy on weakness dan buy on breakout
  • Jual saham: sell on strength dan cut loss
  • Perdalam dan disiplin terapkan analisis teknikal
  • Belajar dari pengalaman
  1. Mengenal pasar modal

Tips awal dalam belajar trading saham adalah mengenal pasar modal dan saham jika anda benar-benar ingin mendalami ilmu trading saham ada baiknya anda belajar di SPM yang telah disediakan Bursa Efek Indonesia.

Bursa Efek Indonesia (BEI) membagi Sekolah Pasar Modal (SPM) menjadi dua level.

  1. SPM Level pertama, dengan materi berisi materi investasi di pasar modal, efek dan mekanisme perdagangan saham, struktur pasar modal di Indonesia, hingga acuan kepemilikan di sekuritas (AKSes).


2. SPM Level kedua, dengan materi analisis fundamental dan analisis teknikal.

2. Belajar menganalisis

setelah langkah awal anda lakukan maka anda wajib melakukan analisis pasar saham yang tersedia secara online diaplikasi penyedia trading saham, hal ini bertujuan agar anda dapat menyimpulkan cara kerja dari pasar saham yang anda analisis.

3. Mulai dari modal kecil

Bagi anda yang masih belajar Cara Trading Saham Untuk Pemula ada baiknya anda memulai dari yang kecil dahulu, jangan main bar-bar hal ini dianjurkan agar anda dapat menganaliis cara kerja dari aplikasi anda.

4. Pelajari cara beli dan jual lewat aplikasi online trading

Banyak cara untuk belajar trading saham yang disediakan oleh aplikasi trading yang terpercaya. yang biasa digunakan banyak orang.

Sobat bangpurba semoga saja artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam Cara Trading Saham Untuk Pemula

  • Bagikan