Indeks

Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah?

  • Bagikan

Berikut jawaban yang paling benar dari pertanyaan: Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah?

  1. perubahan tersebut terlihat dari materi yang diajarkan di dalam pawiyatan berkisar pada ilmu-ilmu agama dan sikap beragama. Pada tingkat dasar diajarkan membaca Alquran. Pada tingkat selanjutnya diajarkan kitab-kitab klasik yang juga diklasifikasikan kepada tingkat dasar, menengah dan tinggi
  2. perubahan tersebut terlihat dari Sosok kyai pengasuh pesantren sebagai “kurikulum” dari pesantrennya. Artinya seluruh program akademik sebuah pesantren yang pada umumnya berupa pengkajian kitab klassik, ditentukan oleh klassifikasi keilmuan dari kyainya
  3. perubahan tersebut terlihat dari sistem pembelajarannya yang tidak hanya menggunakan sistem sorogan, pesantren masa kini menerapkan sistem kelas seperti sekolah umum dan pelajaran tidak hanya terbatas pada pelajaran agama saja
  4. perubahan tersebut terlihat dari figur seorang Kyai, sosok seorang kyai pengasuh pesantren pada masa awal mencerminkan ketinggian ilmu agama, luasnya pengalaman, darah biru, kaya dan “sakti”
  5. perubahan tersebut terlihat dari adanya tempat-tempat tinggal yang disediakan bagi para murid membuktikan bahwa para murid telah tinggal di pusat-pusat pendidikan, artinya tidak tertutup kemungkinan telah ada semacam rihlah ilmiyah (ekspedisi ilmiah) yang bertujuan untuk menuntut ilmu dari ulama-ulama terkenal

Jawaban: C. perubahan tersebut terlihat dari sistem pembelajarannya yang tidak hanya menggunakan sistem sorogan, pesantren masa kini menerapkan sistem kelas seperti sekolah umum dan pelajaran tidak hanya terbatas pada pelajaran agama saja

Jadi……….

sejak abad xv pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama islam pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama islam hingga ke pelosok daerah beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa islam antara lain: pesantren ampel denta di surabaya dan pesantren giri kedaton di gresik sistem pengajaran di pesantren pada masa kerajaan islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah perubahan tersebut terlihat dari sistem pembelajarannya yang tidak hanya menggunakan sistem sorogan, pesantren masa kini menerapkan sistem kelas seperti sekolah umum dan pelajaran tidak hanya terbatas pada pelajaran agama saja.

Secara singkat, jawaban dari pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? tidak ada penjelasan pembahasannya.

Namun, saya bisa memberikan kepastian bahwa jawaban mengenai pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? akurat dan tepat (benar).

Kenapa? Karena jawaban tentang pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? diambil dari berbagai sumber referensi terpercaya.

Selain itu, jawaban atas pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? sebelum dipublikasikan dilakukan verifikasi oleh para tim editor.

Verifikasi jawaban pada pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? melalui sumber buku, artikel, jurnal, dan blog yang ada di internet.

Jadi, jawaban dari pertanyaan Sejak abad XV pesantren telah digunakan sebagai lembaga pengajaran dan penyiaran agama Islam Pesantren memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam hingga ke pelosok daerah Beberapa pesantren yang memiliki pengaruh besar pada masa Islam antara lain: Pesantren Ampel Denta di Surabaya dan Pesantren Giri Kedaton di Gresik Sistem pengajaran di pesantren pada masa Kerajaan Islam tersebut masih berlangsung hingga masa kini, akan tetapi sebagian pesantren masa kini telah melakukan beberapa perubahan diantarannya adalah? tidak perlu diragukan lagi.

  • Bagikan