Indeks

Cara Menabung Uang

  • Bagikan
Cara Menabung Uang
Cara Menabung Uang

Cara Menabung Uang- Bangpurba.com. Menabung adalah suatu hal yang diwajibkan diterapkan pada anak anak maupun orang dewasa, mengapa demikian? Hal ini bisa dikatakan penting karena manfaat dari menabung sangatlah banyak bukan saja untuk ekonomi namun juga untuk membangun mainsite ( cara berpikir ) untuk bisa berhemat dan membeli hanya karena kebutuhan bukan hanya keinginan .

Menabung sangatlah penting bagi anda yang baru mulai bekerja dan mulai mempunyai penghasilan sendiri, hal ini bisa membuat anda lebih mandiri dan dapat mengontrol keuangan anda apalagi anda masih dalam tempat kos atau kontrakan yang pastinya memerlukan uang untuk kebutuhan anda. Jika Anda mulai menghasilkan uang ada baik anda menerapkan cara menabung uang.

Pada dasarnya hal yang paling sulit jika kita sudah mulai bekerja dan menghasilkan uang adalah menabung. mengapa demikian ada beberapa sebab anda tidak dapat menyisihkan uang untuk ditabung, diantaranya adalah lingkungan dan juga pergaulan. kemungkinan besar anda bisa menabung jika anda memang tidak terpengaruh pada faktor diatas. Hal ini sangat wajar apalagi usia kita masih dalam masa produktif.

Berikut Cara Menabung Uang dengan cepat

Sahabat bangpurba kami akan memberikan cara atau tips menabung dengan cepat, Karena tips ini sudah pernah diajarkan guru sekolah madrasah dahulu dan akhirnya kami bisa menerapkanya di sekolah dan juga dirumah.

  1. Tujuan anda Menabung

Tips pertama dari kami adalah tujuan dalam memulai hal apapun harus dipastikan anda memiliki tujuan yang memang bisa membangkitkan semangat anda terutama dalam hal menabung, Karena tujuan ini lah yang akan menjadikan motifasi kuat anda untuk menyisihkan uang saku ataupun uang gajih anda. Jika anda memiliki tujuan menabung karena ingin membeli barang seperti motor ataupun handphone keinginanmu, maka otomatis fikiran dan hati anda akan seirama dalam memulai menabung. namun saja jika anda menabung tidak punya tujuan dapat dipastikan anda akan mengalami kegagalan dalam menabung.

2. Menyimpan uang sisa belanja

Siapa pun anda pasti memiliki uang kembalian atau uang sisa belanja , terkadang uang tersebut anda abaikan namun saja uang tersebut jika anda rutin mengumpulkanya maka tabungan anda akan bertambah banyak. mulailah menyisakan uang sisa belanja baik ribuan atau puluh ribuan, jika anda melakukan hal ini dalam 1 tahun maka anda dapat menghitung sendiri berapa banyak uang yang telah anda miliki selama 1 tahun hanya dari sisa uang belanja anda. Semisal sisa uang anda belanja perhari 5000 x 365 hari maka dalam waktu 1 tahun anda akan memiliki uang sebesar Rp.1.825.000 lumayan bukan.

Khusus untuk tips ini ada baiknya anda menabung dirumah saja tidak perlu keBANK karena akan memakan waktu anda untuk menabung kebank setiap harinya, Gunakanlah celengan atau tempat khusus yang anda anggap aman untuk menabung.

3. Mulai dari nominal yang kecil dahulu

Tips selanjutnya andalah jika anda memulai untuk menabung ada baiknya anda memulai dari hal yang kecil dahulu, tidak perlu dengan nominal yang besar hal ini akan menyebabkan anda kehabisan uang pegangan, apalagi jika anda memang baru memulai berkerja dan baru menerima gajih anda. mulailah dari nominal kekil asalkan rutin karena hal ini dapat memupuk sikap konsistensi atau kebiasaan dalam hidup anda untuk menyisihkan uang kecil untuk ditabung.

4. Buat rekening tabungan pribadi

Bagi anda yang sudah berpenghasilan tetap perbulanya tips satu ini sangatlah penting bagi anda mengapa demikian hal ini wajib anda lakukan jika anda sudah melewati 3 tips diatas dengan baik, pasalnya jika anda sudah memiliki gajih tetap ada baiknya anda memisahkan rekening harian dengan rekening tabungan anda, hal ini bertujuan agar uang yang telah anda tabung tidak lagi terganggu dengan pengeluaran anda yang lainya. karena jika anda masih menggunakan 1 rekening saja maka hal buruk akan menimpa tabungan anda.

Tujuan melakukan pemisahan rekening ini adalah jika anda berbelanja atau mencari keperluan hidup hanya menggunakan rekening umun anda tanpa mengganggu rekening tabungan anda tadi, kebanyakan orang tidak menerapkan hal ini karena mereka hanya berfikir terlalu repot membuat 2 rekening padahal ini sangat bagus untuk manajemen keuangan anda.

5. Hindari boros berbelanja

Dalam hal Cara Menabung Uang ada beberapa hal yang harus benar benar anda hindari yaitu boros . Kebanyakan orang orang tidak memiliki kesadaran dalam berbelanja apalagi zaman sekarang sangat banyak aplikasi belanja online yang mempermudah kita dalam berbelanja hanya dirumah saja pesanan kita akn diantar kerumah bahkan bisa bayar dirumah. jika anda memang memiliki keinginan menabung hal ini sangat harus anda hindari agar anda tidak terjerumus kedalam kebiasaan membeli keinginan bukan kebutuhan.

6. Dahulukan kebutuhan ketimbang keinginan

Dalam hal menabung manajemen yang harus benar benar anda atur adalah mendahulukan kebutuhan bukan keinginan , karena kebutuhan adalah hal yang paling utama yang harus anda penuhi ketimbang memnuhi keinginan anda, karena biasanya keinginan yang anda lakukan tidak sesuai dengan kebutuhan sehari hari anda. kebutuhan adalah hal yang memang anda butuhkan dalam keberlangsungan hidup anda, sedangkan keinginan adalah suatu hal yang anda mau karena nafsu duniawi, keinginan ini tidak sepenuhnya menjadi kebutuhan anda.

7. Cari tambahan pemasukan

Jika anda berpikiran maju dan benar benar ingin meraih sukses dalam manajemen keuangan anda ada tips yang harus anda jalani yaitu mencari tambahan /uang masuk, hal ini bukan berarti anda memanfaatkan jabatan anda alias terima uang suap, hal yang dimaksud dengan uang masuk atau uang tambahan adalah jika anda memiliki waktu kerja disiang hari ada baiknya anda mencari ide ataupun pendapatan tambahan dimalam hari, jika anda sebagai guru anda baiknya anda membuka les malam bagi para tetangg atau murid terdekat anda. dengan demikian hal ini bisa menjadi pundi pundi rupiah bukan.

8. Investasi Emas

Tips ini bisa anda lakukan jika anda memang sudah memulai tabungan selama 2 tahun tanpa ada pengeluaran tambahan, Berinvestasi emas sangatlah menguntungkan untuk jangka panjang, karena harga emas akan mengalami kenaikan dari tahun ketahun, emas juga suatu tabungan atau investasi yang sangat mudah anda cairkan, Untuk investasi emas ini sendiri anda cukup membeli emas perhiasan ataupun emas batangan untuk anda simpan dan akan ada bongkar dalam waktu 10 -15 tahun mendatang.

9. Mulai Berinvestasi

Hal ini merupakan tips terakhir yang bisa anda lakukan jika anda sudah memiliki tabungan yang cukup untuk di investasikan , jika anda ingin berinvestasi yang tidak memiliki resiko yang besar anda dapat memilih investasi yang tidak memiliki resiko.

Berikut daftar investasi tak beresiko

  1. Investasi property ( rumah )
  2. Investasi Emas ( logam mulia )
  3. Investasi Deposito
  4. Investasi Tanah
  5. Investasi Reksadana

9 Tips dalam Cara Menabung Uang ini sangat mudah dijalani jika memang kita memiki niat yang kuat dalam memulai manajemen keuangan dirumah tangga , syarat diatas ini perlu anda terapakan secara berurutan agar anda memiliki tabungan yang memuaskan, ada banyak Cara Menabung Uang dengan mudah dan cepat menurut pengalaman atau juga menurut pakar keuangan. 9 Cara Menabung Uang ini hanya sebagian dari contoh Cara Menabung Uang dengan baik.

  • Bagikan