8 Tips budidaya burung walet dijamin berhasil

  • Bagikan
8 Tips budidaya burung walet
8 Tips budidaya burung walet

Bangpurba.com tips budidaya burung walet di jamin berhasil.
Tips budidaya burung walet dijamin berhasil ini telah saya terapkan dibeberapa RBw yang saya kerjakan dan terbukti berhasil dapat membuat kawanan burung walet bersarang dan berkembang biak dengan baik. sarang burung walet yang memiliki harga jual yang tinggi tentunya sangat diminati banyak orang untuk investasi dimasa depan, sejatinya burung walet tersebut tinggal dialam bebas namun dengan cara baru manusia dapat mengalihkan burung walet yang tadinya tinggal didalam goa menjadi didalam gedung-gedung yang tinggi.

8 Tips budidaya burung walet dijamin berhasil


Budidaya burung walet ini tentunya harus memiliki modal yang cukup besar untuk dapat membangun suatu gedung yang bakal dihuni oleh burung walet tersebut,Namun tidak sedikit para petani walet yang mengalami galau karena tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka dari itu kami berbagi tips tentang cara membuat rumah burung walet hingga berhasil.
Untuk dapat hasil yang diinginkan ada baiknya para petani walet mengerti dan faham tentang burung walet.

Mengapa harus burung walet yang dibudidaya ? ya pertanyaan ini sering sekali dilontarkan pada saat kita berencana membuat rumah burung walet, selain dari harga jual sarang yang tinggi ,para petani sarang burung walet ini tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu ribet,namun kita juga harus teliti dalam mengontrol beberapa hal penting yang menyebabkan kegagalan dalam bertani walet.

8 tips Budidaya Burung Walet di Jamin berhasil sebagai berikut

  • 1. Suhu ruangan
  • 2. Tata ruang
  • 3. Posisi LMB
  • 4. Audio
  • 5. Populasi dan lokasi
  • 6. Gangguan
  • 7.formasi tweeter inap, tarik dan panggil.
  • 8. Ikuti arahan konsultan Anda

Nah 7 tips Budidaya Burung Walet di Jamin berhasil dari kami inilah yang perlu anda perhatikan sebelum anda memulai bertani burung walet. jika anda ingin mendapatkan hasil yang sesuai maka langkah-langkah diatas yang perlu anda perhatikan harus anda laksanakan.

1. Suhu Ruangan

Bagi anda yang ingin memulai budidaya burung walet hal ini yang perlu anda perhatikan ya sobat, karena jika hal ini terlewatkan maka keberhasilan anda akan tertunda karena burung walet tidak akan mau tinggal bahkan berkembang didalam gedung anda. jika anda mempekerjakan gedung walet pada tukang yang memang faham tentang burung walet maka hal ini bisa dibilang akan mempermudah anda. Namun jika tukang anda tidak faham tentang budidaya walet maka anda harus dengn teliti mengontrol sang tukang bekerja.

Adapun suhu ruangan yang sangat bagus untuk budidaya burung walet adalah diantara 26-29 derajat celcius,dan kelembapannya mencapai 80- 96 persen.jika hal ini sudah anda kuasai maka anda perlu perhatikan hal yang lainya.

2. Tata ruang

Tata ruang dalam gedung walet anda pun harus sangat anda perhatikan ya sobat, namun biasanya jika anda menggunakan jasa konsultan walet hal ini pasti sudah menjadi tanggung jawab mereka sendiri, dan kita hanya terima gedung on saja. jika anda mengerjakan RBW ini sendiri maka anda wajib berdiskusi tentang tata ruang yang baik dan benar agar dapat membuat burung walet dengan segera menginap dan membuat sarang didalam gedung anda.

3. Posisi LMB

Posisi LMB atau lubang masuk Burung ini merupakan salah satu tips Budidaya Burung Walet di Jamin berhasil, untuk hal ini biasanya hal yang harus anda perhatikan adalah melihat situasi dimana burung walet/koloni akan pulang jika waktu sore hari yang lewat diatas gedung anda, jika burung tersebut pulang dari arah timur ada baiknya lmb anda juga menghadap timur, namun juga harus dilihat posisi pencahayaan sinar mata hari, besar LMB pun mempengaruhi RBW anda jangan membuat ukuran LMB yang terlalu kecil karena akan mempersulit burung walet anda masuk kedalam gedung anda.

4. Audio

Sahabat bang purba tips selanjutnya agar RBW kita cepat berhasil adalah Masalah audio. Hal terpenting lainya adalah tentang audio, jika anda henda membuat RBw maka jangan salah pilih sistem audionya, namun jika RBW anda ditangani oleh konsultan maka hal ini sudah menjadi tanggung jawab konsultan tersebut. ada banyak jenis audio yang dapat anda pilih, dari mulai yang rakitan ataupun yang pabrikan, semuanya ada plus dan minusnya.

5. Populasi dan lokasi

Ada baiknya anda menentukan lokasi yang strategis dalam hal langkah pertama dalam perencanaan pembuatan gedung walet, karena jika lokasi dan populasi didaerah anda memadai ada baiknya anda untuk dengan segera membangun gedung anda. Ada baiknya posisi gedung anda berada didaerah lintasan burung walet ataupun lokasi pangan burung walet tersebut.

6. Gangguan

Hal yang perlu diperhatikan kembali adalah Gangguan , Gangguan yang dimaksud ini adalah gangguan yang menggangu Gedung burung walet anda. Yang pertama adalah hama burung Hantu, Hama burung hantu ini menjadi salah satu hal yang sangat ditakutkan oleh para petani burung walet. Apa lagi jika gedung anda dalam masa berkembang. jika hama burung hantu dapat masuk kedalam gedung anda maka dapat dipastikan bahwa gedung anda akan mengalami kegagalan.

baca dulu: situs pendidikan populer

Yang kedua adalah hama sirip seperti hama pemakan kayu sirip. jika papan kayu sirip anda dari kayu yang gampang diserang hama bubuk maka anda harus mengantisipasi dengan cara penyemprotan hama kayu, yang biasanya dilakukan pada setiap 1-2 bulan sekali.

7. formasi tweeter inap, tarik dan panggil

Nah hal ini sangat penting karena jika anda salah dalam merancang formasi tweeter maka Burung walet anda tidak akan mau bersarang di gedung anda. Suara digedung anda harus benar-benar memenuhi ruang inap, formasi dan tata ruang harus benar dan tepat, agar burung mengira ada banyak koloni didalam gedung anda.

formasi tweter inap diruang inap biasa dirancang sesuai ukuran dan tata ruang gedung anda, biasanya yang saya pakai untuk gedung berukuran 4x12m formasi tweeter inapnya 3,2,3. dan ada 2 tweeter tarik dalam di setiap LAR lantai walet, yang mengarah ke LMB, kemudian terdapat 3 tweeter di LMB, yaitu 2 suara panggil, 1 lagi suara tarik.

8. Ikuti arahan konsultan Anda

Jika anda ingin memulai usaha bisnis walet maka ada 2 buah pilihan yang harus anda pilih ingin membuatnya sendiri atau ditangani konsultan dibidang walet. Setiap konsultan yang menangani pengerjaan Rumah Burung Walet akan memberikan arahan yang baik pada pemilik gedung. Dengan mengikuti prosedur arahan dari konsultan anda, harus tetap menaati perintah dan larangan yang diberikan oleh konsultan kepercayaan anda.

Ingat pilihlah konsultan yang benar-benar bekerja dengan baik dan terpercaya, jangan asal memilih konsultan yang tidak faham tentang walet.

Demikianlah 8 tips budidaya burung walet dijamin berhasil semoga bermanfaat bagi kita semua yang ingin memulai usaha budidaya walet. jika anda menyukai artikel ini jangan lupa dibagikan kemedia sosial.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *