Antara Covid-19 Dan Cuaca Pancaroba

  • Bagikan
Antara Covid-19 Dan Cuaca Pancaroba
Antara Covid-19 Dan Cuaca Pancaroba

Antara Covid-19 Dan Cuaca PancarobaBangpurba.com Meningkatnya kasus Covid-19 dinegeri ini memang sudah sangat draktis sekali, Hingga saat ini virus corona ini dapat bermutasi menjadi delta dan berubah menjadi lebih gampang tertular satu sama lain. untuk pulau jawa dan bali kini sangat memprihatinkan, dan untuk kawasan sumatra Riau menjadi rekor banyak peningkatan kasus covid-19 ini. hal meningkatnya lonjakan kasus baru covid ini menjadi tanda tanya dan menjadi PR bagi pemerintahan.

Baca juga : ppkm pekanbaru

Telah sama-sama kita rasakan dampak dari keganasan virus corona ini, banyak masyarakat yang kelaparan, pengangguran, bahkan banyak yang tertekan menghadapi pandemi ini, Media berita dan media lainya telah menayangkan betapa besarnya kasus lonjakan yang terjadi ditanah air. Seperti kita ketahui banyak masyarakat yang kesusahan berkerja karena pembatasan yang wajib diterapkan demi mengurangi penyebaran virus ini. Bantuan yang didapat sepertinya tidak mencukupi kebutuhan mereka.

Ada apa Antara Covid-19 Dan Cuaca (Pancaroba), seperti kita ketahui keadaan cuaca saat ini yang sangat tidak menentu. terkadang panas dan tiba-tiba dingin,Menurut Wikipedia

Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim hujandan musim kemarau Dalam pranata mangssa yang dikenal di pulau jawa, pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau (biasa terjadi pada bulan maret dan april) disebut sebagai mangsa (musim) marèng, sementara pancaroba antara musim kemarau dan musim penghujan (biasa terjadi pada bulan oktober hingga desember) disebut mangsa labuh.

Dalam pergantian musim yang sekarang ini sedang terjadi banyak penyakit pernapasan akan timbul, penyakit yang sering terjadi saat musim pancaroba ini banyak sekali yang sebagian orang tidak mengetahuinya. berbagai macam penyakit akibat pancaroba adalah sebagai berikut.

berikut Antara Covid-19 Dan Cuaca Pancaroba

  1. Batuk pilek

Akibat dari perubahan cuaca yang tak menentu ini banyak orang akan mengalami batuk ringan disertai pilek, Hal ini terjadi akibat virus rhino dan influenza yang berkembang pesat saat musim pancaroba kedua virus ini pada umumnya akan mengakibatkan batuk dan pilek. Saat anda mengalami batuk dan pilek saat pancaroba hal ini biasanya ditandai dengan hidung tersumbat, batuk-batuk, sering bersin, nyeri otot, meriang serta demam.

Kartu prakerja gelombang 8 mau dibuka begini syaratnya

untuk hal ini anda harus jeli melihat kondisi diri karena jika hal ini terjadi pada anda dan anda melakukan swab test maka anda akan positif, karena sejatinya alat swab tersebut mendeteksi adanya virus dalam saluran pernafasan anda belum ada yang alat yang bisa membedakan virus apa yang ada dalam tubuh kita saat kita mengalami hal diatas. intinya kita harus lebih cermat melihat kondisi yang sekarang ini.

Baca ya : syarat masuk kota pekanbaru

2. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan ini juga sering kerap terjadi saat musim pancaroba terjadi, hal ini juga diakibatkan oleh virus yang masuk kedalam tubuh manusia,namun saja gejalanya cukup berbeda, biasanya sakit tenggorokan ini ditandai dengan nyeri dan gatal hingga susah menelan sehingga mengakibatkan suara yang serak kadang juga bisa menghilang.

3. migrain

Menurut penelitian bahwa perubahan cuaca inii bisa mengakibatkan migrain, hal ini terjadi karena perubahan cuaca extrem yang biasanya terjadi atara musim kemarau ke musim penghujan secara tiba-tiba. migrain ini bisa dirasakan bertambah nyeri saat musim hujan dan berubah kemusim panas yang cukup terik. sehingga perubahan suhu tubuh tepatnya didaerah kepala mengalami perubahan secara cepat.

4. Menurunya nafsu makan

Jika musim sedang tak menentu bukan saja daya tahan tubuh yang diserang bhkan badmood juga terkena dampaknya, hal ini biasanya terjadi karena tubuh atau sistem pencernaan mengalami masalah yang cukup serius, biasanya kurang nafsu makan ini dapat terjadi apa bila tubuh sudsh mulai mengalami gejala yang diatas.

Pada saat daya tahan tubuh menurun maka dapat dipastikan bahwa virus sangatlah mudah masuk dan berkembang lebih cepat, dibandingkan saat imun tubuh kita kuat, hal ini membuktikan bahwa bukan saja corona virus yang bisa masuk bahkan virus influenza dan virus tbc pun akan gampang masuk dan mengembang biakan tubuh mereka.

Untuk saat pandemi ini siapapun orang yang merasakan hal diatas maka dapat dipastikan orang tersebut terkena virus corona karena hasil swab mengatakan demikian , jadi untuk saat ini anda mengalami flu ataupun batuk virus yang masuk bukan lagi virus influenza, Rhino dll. saat anda melakukan pengecekan swab pasti anda positif. karena swab ini kegunaanya untuk mendeteksi gen virus.

Belajarlah memahami apa yang anda alami saat terserang hal diatas, jika hal diatas menyerang anda ada baiknya anda melakukan langkah-langakah berikut sebagai penanganan pertama untuk diri anda.:

  1. Jika 4 hal diatas terjadi pada anda dan anda merasa tidak pernah berinteraksi keluar rumah atau tidak mendapat kunjungan dari keluarga yang diluar kota ada baiknya anda melakukan
  2. Jika anda mengalami hal demikian karena memang memiliki riwayat alergi udara atau alergi suhu ada baiknya anda membeli obat penawarnya
  3. Apabila timbul gejala yang mencurigakan seperti hilangnya aroma penciuman dan indra perasa anda maka tindakan lanjutanya adalah melakukan swab test.
  4. Jika anda juga mengalami hal diatas namun anda tidak terpapar/berada dalam zona bebas maka perbanyak konsumsi makanan yang dapta meningkatkan sistem imun tubuh anda.

Untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran dari virus ini semua tergantung pada diri kita sendiri, jika kita pintar membaca situasi dan kondisi saat ini mudah-mudahan kita cepat mengalami perubahan yang lebih baik lagi.

Antara Covid-19 Dan Cuaca Pancaroba -demikian sobat bangpurba.com semoga saja info ini menarik dan bisa bermanfaat bagi kita semua amiinn. jika ada terdapat hal yang kurang pas untuk tulisan ini anda bisa langsung menghubungi email kami. atau pun berkomentar yang baik.

mohon kunjungi situs pendidikan kami peranguru.om

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *