9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet

  • Bagikan
9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet
9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet

9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya waletbangpurba.com media informasi. 9 Kesalahan fatal Dalam Bdidaya walet yang sering dialami oleh para petani walet, Burung Walet merupakan jenis burung yang tidak pernah hinngap sebelum hendak malam hari atau saat sedang memberi pakan anakan burung tersebut. Hampir sepanjang hari Burung walet menghabiskan waktunya dengan berterbang.

Dahulu kala Burung Walet ini biasanya tinggal digoa-goa dipinggir pantai atau di bukit yang tinggi, Namun dengan adanya kecanggihan tehnologi kini burung walet dapat diinapkan didalam gedung buatan manusia. Namun saja bukan perkara mudah untuk mengalihkan tempat tinggal burung walet dari alam bebas kedalam gedung gedung buatan manusia. maka dari itu kami akan mengupas kesalahan utama dalam budidaya Burung Walet.

Berikut 9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet

1.Salah menentukan Lokasi Rumah Burung Walet

Jika anda ingin memulai budidaya burung walet lokasi anda ingin membangun gedung burung walet harus sangat anda perhatikan ya sahabat, mengapa lokasi termasuk kedalam katagori sukses atau gagalnya budidaya Burung Walet anda? jawabanya sebenarnya cukup simple namun juga wajib kita fahami yaitu

  • a. jalur lintasan
  • b. lokasi pakan
  • c. situasi sekitar

Tiga hal diatas ini saling berkaitan agar anda dapat memprediksi berhasil tidaknya rumah burung walet anda, Jalur lintasan ini maksudnya lokasi anda membangun gedung harus didaerah jalur lintasan burung walet pergi dan pulang menuju tempat asalnya,Lokasi pakan jika anda membangun gedung walet tidak dekat dengan area pakan maka keberhasilan akan sulit. sikon(situasi dan kondisi) dan jika anda membangun gedung diarea tempat polusi,kimia maka keberhasilan pun akan menjauh. Hal diatas harus anda perhatikan

2. Desain dan tata Ruang yang salah

Bagi anda yang ingin membngun gedung Rumah Burung Walet jika anda masih pemula dan belum faham tentang walet ada baiknya anda mencari ilmu tentang desain dan tata ruang gedung walet anda. Sebab jika hal ini anda remehkan bisa dipastikan anda akan mengalami kegagalan. setiap ukuran gedung burung walet ini sangat berbeda dengan yang lainya yang menentukan beda tidaknya yaitu faktor ukuran gedung dan lokasi gedung anda.

3. Suhu Dan Kelembapan tidak Sesuai

Didalam Goa suhu dan kelembapan sangat menunjang untuk walet bersarang dan menginap, maka dari itu jika anda salah dalam urusan suhu dan kelembapan Burung Walet anda tidak akan masuk bahkan menginap didalam gedung anda.suhu dan kelembapan yang disukai walet adalah kurang kebih 26-29 derajat celsius, dan kelembapan harus mencapai 95- 98 persen.jika diatas itu suhunya maka burung hanya senang bermain namun bukanya menginap dalam gedung anda.

4.Pencahayaan

Dalam berbudidaya burung walet cahaya yang masuk kedalam ruang inap harus sesuai dengan standarnya jangan berlebihan , keadaan ruang inap sendiri layaknya seperti berasa didalam goa tempat habitat awal burung walet. jika anda salah mengatur pencahayaan dalam gedung walet anda maka hal ini yang membuat burung walet anda enggan untuk masuk dan menginap diruang inap gedung anda.

baca dulu: 8 tips budidaya walet pasti berhasil

5. Terburu-buru on perdana

Biasanya para pemula yang membangun gedung walet pasti terburu-buru saat merasa gedung tersebut selesai akan melakukan on start awal yang terburu-buru, on yang terburu-buru ini berakibat fatal karena sebelum on perdana banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. seperti pembersihan sirip, penyemprotan hama pada kayu sirip, penyemprotan parfum aroma koloni walet secara rutin.dan menghilangkan aroma bau semen pada gedung.

wajib baca: situs pendidikan

6. Salah tukang

Nah setiap tukang yang mengerjakan rumah pribadi pasrti bisa membuat rumah burung walet, ini hal yang salah, jika asal tukang yang membangun gedung anda, saya tidak yakin tukang anda faham dengan kandang walet. karena harga bayar tukang lebih murah maka anda tidak memperhatikan pengalaman kerja tukang anda di gedung walet.

7. sering gonta ganti suara

Biasanya pada saat on perdana burung yang datang pasti banyak sekali karena tertarik oleh suara panggil, Namun saja pada hari berikutnya walet itu tidak akan kembali ke gedung anda. hal ini yang membuat para pemula budidaya burung walet akan melakukan pergantian suara panggil karena tidak puas dengan hasil yang didapat. hal ini juga yang bisa mengakibatkan gedung anda gagal.

8. Tidak sabar

Diantara hal diatas yang paling sulit anda jalankan adalah hal penasaran terhadap perkembangan RBW anda. hal ini disebabkan oleh burung walet yang masuk kedalam rbw anda maksimal dan anda penasaran terhadap apakah burung tersebut menginap didalam ruang inap anda atau hanya cuma sekedar bermain saja. biasanya hal ini terjadi di awal bulan pertama dan diminggu ke-8 usia RBW anda dari awal on. Dan kesalahan anda adalah masuk kedalam RBW untuk memeriksa jumlah koloni atau jumlah kotoran didalam gedung anda.

9. Salah posisi LMB, LAR, dan VOID

Posisi LMB sangat mempengaruhi burung yang hendak masuk kedalam RBW anda, jika anda salah membuat LMB maka akan dapat dipastikan rbw anda gagal, posisi lmb ini harus seirama dengan LAR dan ukuran Void, lmb diposisikan dengan intensitas cahaya yang masuk kedalam void anda, jika lmb mengarah kecahaya matahari maka lar ruang inap harus diseting untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk kedalam ruang inap anda.

9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet

Ukuran void juga menentukan nyaman tidaknya burung berputar dan mencari LAR menuju ruang inap. untuk ukuran LMB sebaiknya besar dan jangan terlalu kecil karena menyulitkan burung masuk kedalam void RBW anda.

9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet ini sering kita jumpai pada pemilik RBW yang hanya ikut ikutan dalam berbudidaya burung walet, jika anda melakukan hal diatas ada baiknya anda melakukan perehapan pada gedung Walet anda. Demikian lah pembahasan tentang 9 Kesalahan fatal Dalam Budidaya walet semoga hal ini bermanfaat bagi para pembaca dan para petani walet.

kami juga menyediakan jasa konsultasi seputaran burung walet anda hubungi ke email lami di carscraz@gmail.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *